Langsung ke konten utama

KAMUS BUKU ALKITAB



Abib lihat Bulan.

Abraham atau Abram Berasal dari Ur- Kasdim di Mesopotamia Selatan; dipang­gil untuk memasuki tanah Kanaan, di mana Allah mengadakan suatu perjanjian dengan dia. Bersama-sama dengan Ishak dan Yakub ia diakui sebagai nenek mo­yang bangsa Israel (Kej. 12-25). Dalam Perjanjian Baru diakui sebagai bapa "se­mua orang percaya” (Rm. 4:11).

Adar lihat Bulan.

Agripa Herodes Agripa II, keturunan Herodes Agung, raja di Palestina Utara (Kis. 25:13-26:32), bd. Herodes.

Agustus Kaisar Romawi yang memerin­tah dari tahun 27 Seb. Mas. sampai tahun 14 Ses. Mas. (bd. Luk. 2:1).

Ahli Taurat Pengajar dan penafsir Per­janjian Lama, khususnya kelima kitab Musa (Taurat atau Pentateukh).

Aleluya lihat Haleluya.

Alkitab lihat Kitab Suci.

Amin Kata Ibrani yang berarti: pasti! sungguh! benar!

Anak Allah Israel disebut anak Allah atau anak sulung Allah (Kej. 4:22-23; Hos. 11:1). Demikian juga raja Israel, keturunan Daud (2Sam. 7:14; Mzm. 2:7). Tetapi kemudian terutama gelar untuk Yesus Kristus yang menyatakan bahwa Ia berasal dari Allah dan melakukan kehendak Bapa-Nya, sehingga Ia adalah orang kesayangan Allah.

Anak Daud Gelar untuk Mesias (Alma- sih) yang dinantikan dari keturunan raja Daud, bd. 2Sam. 7.

Anak Manusia Ungkapan ini dalam Per­janjian Lama berarti: manusia. Tetapi se­jak Dan. 7:13 ungkapan ini menunjuk pa­da tokoh penyelamat di zaman yang akan datang. Yesus sering menyebut diri-Nya Anak Manusia, baik untuk menyatakan kerendahan-Nya (Mat. 8:20) dan pende- ritaan-Nya (Mrk. 8:31), maupun kebang- kitan-Nya (Mat. 17:9) dan kedatangan- Nya sebagai Hakim (Mat. 25:31). Dialah yang datang untuk melayani dan membe­rikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang (Mat. 20:18).

Antikristus Kuasa yang melawan Allah dan Kristus, yaitu kuasa yang semakin besar menjelang kedatangan Tuhan kem­bali dan yang dapat menjelma dalam orang-orang tertentu (bd. lYoh. 2:18).

Antipas lihat Herodes.

Araba-Yordan Lembah sungai Yordan sebelah selatan, sehingga Laut Mati juga disebut: Laut Araba.

Arkhelaus lihat Herodes.

Asia Propinsi Kerajaan Romawi yang ter­letak di bagian barat dari negara Turki sekarang. Ibukotanya Efesus. Paulus membawa Injil ke sana (bd. Kis. 19:10).
Asing
1.   Orang yang berasal dari luar negeri yang hanya untuk sementara waktu berada di tanah Palestina (mis. 2Sam. 15:19).
2.   Orang asing yang menetap di tengah- tengah orang-orang Israel, sebagai pendatang atau sebagai penduduk Kanaan asli yang tidak dimusnah­kan: "orang asingmu yang ada di da­lam kotamu” (Kel. 20:10). Mereka dapat diterima ke dalam persekutuan sosial dan keagamaan dari bangsa Israel. "Allah mengasihi orang asing” (UI. 10:18).
Asyera Dewi penduduk asli tanah Ka­naan yang menjamin kesuburan. Dipuja sebagai isteri Baal. Lambangnya ialah pohon yang rimbun atau suatu "tiang ber­hala” yang oleh para nabi Tuhan diten­tang keras (UI. 16:21; 2Raj. 23:4, 6).

Asytoret Dewi kesuburan orang Sidon yang dimasukkan ke Israel oleh isteri- isteri Salomo (IRaj. 11:5). Ia disembah di atas bukit-bukit pengorbanan.

Baal Artinya: "tuan”, kemudian gelar de­wa-dewa penduduk asli tanah Kanaan yang ditentang para nabi Tuhan dalam Perjanjian Lama. Ciri-ciri khasnya ialah menjamin kesuburan. Karena itu Baal sering kali turut disembah orang Israel sendiri.

Babel Kerajaan kuno di daerah Tigris dan Efrat yang seringkali mengancam bangsa Israel. Akhirnya kerajaan ini merebut Ye­rusalem (586 Seb. Mas.) dan sebagian penduduknya disingkirkannya ke Babel. Inilah yang dikenal sebagai ’’pembuang­an ke Babel” yang berlangsung kurang lebih 70 tahun. Dalam kitab Wahyu Babel adalah nama samaran untuk Roma.

Bahasa roh Salah satu karunia Roh Ku­dus yang memuji Allah di dalam doa dengan bahasa yang baru yang biasanya tidak dapat dipahami orang yang mema­kainya (IKor. 12 dan 14).

Bahtera Kapal yang dibuat Nuh untuk meluputkan diri, keluarganya dan bina­tang-binatang dari air bah (Kej. 6-8).

Bait Allah/Bait Suci Tempat ibadah di Yerusalem yang didirikan oleh raja Salo- mo dan kemudian dimusnahkan oleh ten­tara Babel (586 Seb. Mas.). Setelah Pem­buangan didirikan kembali di bawah pimpinan Zerubabel sekitar tahun 515 Seb. Mas. (bd. Ezra). Bait Suci itu menjadi pusat hidup keagamaan umat Yahudi, juga pada zaman Tuhan Yesus. Orang- orang Kristen pertama masih turut ber­ibadah di situ, tetapi lama-kelamaan ter­jadi perpisahan antara mereka dengan orang-orang Yahudi (bd. Kis.). Bait Suci itu dimusnahkan pada tahun 70 Ses. Mas. oleh tentara Romawi di bawah jenderal Titus.

Balsam Sejenis damar harum yang sa­ngat mahal. Dipakai untuk memelihara kecantikan dan sebagai obat, juga untuk mempersiapkan jenazah orang untuk penguburan.
Baptisan lihat Pembaptisan.

Barbar Sebutan orang Yunani terhadap orang-orang bukan Yunani.

Bat Ukuran isi untuk barang cair sebesar kurang lebih 36 liter (sama besar dengan efa).

Beelzebul Nama Iblis sebagai kepala roh- roh jahat dan setan-setan (bd. Baal).

Beka Ukuran timbangan sebesar 1/2 syi- kal = kurang lebih 5,7 gram (Kel. 38:26).

Benar
1.   Lawan kata: dusta, bohong. Allah ada­lah sungguh-sungguh benar dan Yesus Kristus adalah kebenaran (Yoh. 14:6) dan firman Allah ialah kebenaran (Yoh. 17:17). Orang-orang Kristen berasal dari kebenaran itu (lYoh. 3:19).
2.   Dalam arti: adil. Yang satu-satunya benar atau adil ialah Allah. Dan Ia membenarkan orang-orang berdosa karena iman, artinya: menempatkan mereka ke dalam hubungan yang sebenarnya dengan diri-Nya, sehing­ga dapat disebut: orang-orang benar (= orang-orang yang percaya kepada Yesus Kristus).
Bukit Pengorbanan Tempat-tempat ting­gi yang didirikan sebagai pusat penyem­bahan berhala ”di bawah setiap pohon rimbun” (bd. Baal). Di sana terdapat mez- bah, tugu berhala dan tiang berhala. Bukit-bukit itu ditentang oleh para nabi.
Bukit Zaitun Bukit di sebelah timur kota Yerusalem.
Bulan Penanggalan Ibrani kuno mulai dihitung dari musim rontok. Ada 4 nama bulan disebut dalam Perjanjian Lama: bulan ke-1 Etanim     (IRaj. 8:2)
bulan ke-2 Bui           (IRaj. 6:38)
bulan ke-7 Abib (Kel. 13:4; UI. 16:1) bulan ke-8 Ziw         (IRaj. 6:1, 37)
Sesudah Pembuangan maka penanggalan Babel diambil alih, yang mulai dihitung dari bulan Maret:
1.     Nisan         (Neh. 2:1; Est. 3:7)
2.     Iyar
3.     Siwan         (Est. 8:9)
4.     Tamus
5.     Ab
6.     Elui            (Neh. 6:15)
7.     Tisyri
8.     Markhesywan
9.     Kislew        (Za. 7:1; Neh. 1:1)
10.  Tebet          (Est. 2:16)
11.  Syebat        (Za. 1:7)
12.  Adar           (Ezr. 6:15; Est. 3:7)

Cawan Piala atau cawan kadang-kadang dipandang sebagai lambang nasib atau penderitaan manusia (Mzm. 75:9). Minum cawan berarti: menerima ke­sengsaraan (Yer. 49:12; Mat. 20:22). Ju­ga dapat dipakai dalam arti: tempat yang berisi dengan murka Allah (Yes. 51:17; Yer. 25:15; Why. 15:7; 16:1 dsb.).
Cupak Ukuran gandum dan jelai yang isinya kurang lebih 1 liter (Why. 6:6).
Daging Selain dalam arti harfiah kita ’’daging” (Yunani: sara) juga dipakai un­tuk menyatakan keadaan manusia seba­gai makhluk lemah serta berdosa. Dan keadaan itu menentukan seluruh kehi­dupannya lahir batin. Seringkah kata ”sarx” dipertentangkan dengan Roh Allah yang membebaskan manusia dari penak­lukannya kepada dosa.

Dagon Dewa utama sembahan bangsa Filistin. Kuilnya di Asdod (ISam. 5) dan Gaza (Hak. 16:23).

Daud Raja Israel yang kedua yang mem­persatukan seluruh bangsa dan membuat kota Yerusalem menjadi ibukotanya di mana tabut perjanjian Tuhan ditcmpat- kan (2Sam. 5-6). Kepada anaknya (bd. anak Daud) dijanjikan Tuhan takhta yang kokoh dan kekal (2Sam. 7).

Dekapolis Nama untuk sepuluh kota di sebelah timur danau Galilea; penduduk­nya sebagian besar terdiri dari orang- orang yang berbahasa Yunani.

Diaken Pejabat/pelayan dalam Jemaat Purba yang secara khusus melayani para janda dan orang miskin.

Dinar Mata uang Romawi. Satu dinar ialah upah pekerja harian dalam satu hari (Mat. 20:2).

Dirham (Yunani: drakhma) Mata uang emas dari Persia seberat kurang lebih 8 gram. Juga mata uang perak dari Yunani yang nilainya hampir sama dengan satu di­nar. Dua dirham ialah bea untuk bait Allah.

Dosa Tindakan manusia secara pero­rangan ataupun secara bersama-sama yang menyimpang dari kehendak dan hukum Allah. Tindakan-tindakan itu menimbulkan keadaan berdosa. Orang- orang berdosa tidak dapat menyelamat­kan diri dari kuasa dosa. Kepada Is. ditunjuk jalan ke luar, yakni mempt. sembahkan korban, a.l. korban pengha­pus dosa dan korban penebus salah. Dalam Perjanjian Baru Yesus Kristus di­beritakan sebagai Penebus umat manusia dari segala dosa.
Duit Mata uang Yunani yang sangat kecil. Nilainya sama dengan dua peser.

Efa Ukuran isi sebesar kurang lebih 36 liter (bd. bat).
Efod Baju imam yang di dalam tutup dadanya ditaruh Urim dan Tumim (ba­tu-batu pernyataan keputusan), Kel. 28:28- 30. Baju itu dipergunakan dalam usaha mencari tahu kehendak Tuhan (ISam. 14:3,18; 30:7 dsb.).

Elia Nabi Israel (bd. IRaj.) yang menen­tang penyembahan berhala (bd. Baal). Dalam kepercayaan orang-orang Yahudi ia dinantikan kembali selaku perintis jalan untuk Mesias (Mal. 4:5-6); Mat. 17:9-13), sehingga Yohanes Pembaptis disamakan dengan Elia (Mat. 17:13).
Elui lihat Bulan.
Etanim lihat Bulan.
Farisi Suatu golongan dari para rabi dan ahli Taurat yang sangat berpengaruh. Mereka berpegang pada Taurat Musa dan pada ’’adat istiadat nenek moyang” (Mat. 15:2). Seluruh hukum dan peraturan me­reka taati secara mutlak.

Feliks Gubernur Romawi atas Yudea (ta­hun 52-60 Ses. Mas.). Paulus harus meng­hadap dia (membela diri di hadapannya), Kis. 23:24-24:27.

Festus Gubernur Romawi atas Yudea (60-62 Ses. Mas.). Paulus harus membela diri di hadapannya, lalu naik banding kepada Kaisar (Kis. 25:1-26:32).

Filistin Bangsa tetangga Israel yang diam di bagian barat daya dari tanah Kanaan. Mereka berasal dari Kaftor (= Kreta). Nama Palestina berarti: tanah Filistin. Seringkah oleh bangsa Israel mereka itu dicaci maki sebagai ’’orang-orang yang tak bersunat.”

Firdaus Keadaan semula di mana Allah langsung hadir pada manusia (Kej. 2-3). Dalam Perjanjian Baru dipakai sebagai nama lain (bahasa Persia) untuk sorga, tempat kemuliaan orang-orang yang te­lah meninggal.

Gabriel Salah seorang malaikat uta­ma. Ia menerangkan penglihatan kepada Daniel (Dan. 8:16; 9:21). Dan ia juga diutus kepada Zakharia dan Maria (Luk. 1:19, 26).

Gaharu Rempah-rempah yang harum baunya yang a.l. dipakai pada waktu pe­nguburan (Mzm. 45:9; Yoh. 19:39).

Galatia Propinsi kerajaan Romawi yang terletak di bagian timur dari negara Turki sekarang (Asia Kecil). Di situ terdapat kota-kota Ikonium, Listra, Derbe dan An- tiokhia di Pisidia. Paulus membawa Injil ke sana (Kis. 13-14).

Galilea Bagian utara dari Palestina. Gali­lea adalah daerah tempat tinggal dan ke­giatan pertama dari Yesus. Penduduknya merupakan campuran orang Yahudi dan orang bukan Yahudi (bd. Mat. 4:15). Da­nau Galilea sama dengan danau Genesa- ret (Luk. 5:1) atau danau Tiberias (Yoh. 6:1; 21:1). Dalam Perjanjian Lama terda­pat nama kuno yaitu danau Kineret (Bil. 34:11; Yos. 12:3) atau danau Kinerot (Yos. 13:27).

Gamaliel Seorang ahli Taurat kenamaan dari golongan Farisi, anggota dari Mah­kamah Agama di Yerusalem (Kis. 5:34), guru Saulus (Paulus) (Kis. 22:3).

Gembala Seorang pembimbing dan pe­melihara kawanan domba atau kambing. Ia bertanggung jawab atas domba-dom­banya, sering menghitungnya dan juga melindunginya terhadap bahaya dari lu­ar. Di Israel Tuhan Allah diakui sebagai Gembala umat-Nya (Mzm. 23; Yes. 40:11; Yeh. 34). Dan penggembalaan itu akan dilaksanakan oleh seorang gembala ’’yaitu hamba-Ku Daud” (Yeh. 34:23; 37:24). Tuhan Yesus adalah Gembala -'ang baik (Yoh. 10), dan para penatua ^at Kristen diberi tugas menggem- i jemaat, di bawah pengawasan a Agung (l.Ptr. 5:1-4, bd. Yoh. 7).

Genesaret lihat Galilea.
Gera Ukuran timbangan sebesar 1/20 syikal = kurang lebih 1/2 gram (bd. Kel. 30:13).

Gihon Mata air sebelah timur gunung Bait Allah di Yerusalem (IRaj. 1:33). Raja Hizkia menyalurkan airnya melalui se­buah terowongan ke dalam kota, ke ko­lam Siloam (IRaj. 20:20; 2Taw. 32:30; Yoh. 9:7).

Gitit Alat musik atau lagu tertentu (Mzm. 8:1; 81:1; 84:1).

Gog Raja tanah Magog jfang pada akhir zaman memimpin serangan bangsa- bangsa melawan Yerusalem, tetapi akan dikalahkan (Yeh. 38-39). Dalam Wahyu 20:8 Gog dan Magog memimpin tentara Iblis melawan umat Tuhan dalam pertem­puran yang terakhir.
Gomer Ukuran isi sebesar 1/10 efa = kurang lebih 3,6 liter.
Guru lihat Rabi.
Halal lihat Haram.
Haleluya/Aleluya (Bahasa Ibrani): "Pu­jilah Tuhan”. Sering dipakai dalam kitab Mazmur. Juga dalam Wahyu 19:1,3, 4,6.

Haram Makanan haram dan beberapa perbuatan terlarang yang menajiskan orang Israel, sehingga mereka tidak boleh lagi mengikuti ibadah, kalau tidak diada­kan upacara korban untuk mentahirkan orang dahulu.

Hari Dalam kitab para nabi seringkah di­sebut tentang ”hari Tuhan”, ”hari tera­khir”, ”hari penghakiman” atau hanya ’’pada hari itu”. Ungkapan-ungkapan itu menunjuk pada masa depan bilamana Tuhan Allah akan bertindak dan akan mendatangkan keadaan yang sama sekali baru. Dalam Perjanjian Baru "hari Tuhan” itu disamakan dengan ”hari Yesus Kris­tus” yaitu waktu kedatangan-Nya seba­gai Hakim dan Juruselamat pada akhir zaman.

Hari persiapan Hari sebelum hari Sa­bat, jadi hari Jumat, di mana persiapan untuk Sabat (Mat. 27:62) atau Paskah (Yoh. 19:14) sudah dimulai.

Hari Raya Paskah Perayaan pembe­basan bangsa Israel dari Mesir. Anak- anak sulung orang Mesir dibunuh, tetapi pintu-pintu rumah orang Ibrani ’’dile­wati” (Ibrani Pesah berarti: melewati). Peristiwa itu diperingati dengan menga­dakan perjamuan Paskah di mana para peserta ’’makan Paskah” yaitu makan "korban Paskah” atau anak domba Paskah itu (Kel. 12:23-28, 43-51). Dalam Perjan­jian Baru Yesus Kristus disebut ’’anak domba Paskah” (IKor. 5:7) atau ’’Anak Domba yang disembelih” (Wahyu 5:6). Untuk Jemaat Purba hari Paskah menda­pat isi baru, yaitu perayaan kebangkitan Tuhan.

Hari Raya Pendamaian Satu hari seta­hun di mana segala dosa rakyat dan imam diperdamaikan Tuhan yang dilambang­kan dengan seekor kambing jantan yang setelah ditumpangi tangan dilepaskan ke padang belantara (Im. 16; 23:27).

Hari Raya Pentahbisan Perayaan umat Yahudi yang memperingati pembangun­an kembali mezbah Bait Allah di Yerusa­lem dan pentahbisannya pada tahun 165 Seb. Mas. Mezbah itu dinajiskan dan di­rusakkan dalam perang Makabe.

Hari Raya Pentakosta Perayaan pengu­capan syukur bagi Israel atas hasil panen gandum. Pesta itu dirayakan tujuh ming- gu (Yunani Pentakosta berarti: kelima puluh) setelah hari Paskah. Sebab itu juga dikenal dengan nama ”hari raya Tujuh Minggu” (UI. 16:10). Dalam Perjanjian Baru dihubungkan dengan turunnya Roh Kudus (Kis. 2).

Hari Raya Pondok Daun Perayaan pengucapan syukur bagi Israel atas hasil panen. Pada perayaan itu orang tinggal dalam pondok daun sebagai peringatan akan zaman pengembaraan dalam pa­dang belantara (Im. 23:33-44). Pada za­man Perjanjian Baru hari raya itu masih dikenal (Yoh. 7:2).

Hari Raya Roti Yang Tidak Beragi
Perayaan selama tujuh hari sehabis Pas­kah, di mana roti dibakar tanpa memakai ragi sebagai peringatan akan malam pembebasan orang .Ibrani dari perbu­dakannya di Mesir (Kel. 12:14-20, bd. Mat. 26:17).
Hari Tuhan lihat Hari.
Hasta Ukuran panjang sebesar 45 cm.
Herodes
1.   Herodes Agung, raja atas seluruh ta­nah Palestina (37-4 Seb. Mas.). Dialah yang membunuh bayi-bayi laki-laki di Betlehem (Mat. 2; Luk. 1:5).
2.   Arkhelaus, anak Herodes Agung, memerintah atas Yudea dan Samaria (4 Seb. Mas. - 6 Ses. Mas.). Ia dipe­cat dan daerahnya dimasukkan langsung ke dalam Kerajaan Romawi (Mat. 2:22).
3.   Herodes Antipas, anak Herodes Agung, raja wilayah atas Gali­lea (4 Seb. Mas. - 39 Ses. Mas.), yang kemudian dipecat. Ia kawin dengan Herodias, bekas isteri saudaranya (Luk. 3:19). Dialah yang membunuh Yohanes Pembaptis (Mat. 14:1-12).
4.   Herodes Agripa I, cucu Herodes Agung, raja atas seluruh Palestina (41-44 Ses. Mas.). Dialah yang mem­bunuh rasul Yakobus dan yang memenjarakan Petrus (Kis. 12). Anaknya ialah Agripa II (bd. Agripa).
Herodian Orang-orang Herodian ialah anggota-anggota suatu partai Yahudi yang menghendaki keturunan Herodes Agung memerintah atas mereka dan bukan gubernur Romawi (Mat. 22:16).
Herodias lihat Herodes.
Hidup Tuhan Allah adalah Allah yang hidup dan pada-Nya ada sumber kehi­dupan (Mzm. 36:10). Kehidupan terjadi oleh firman-Nya (Kej. 1; Mzm. 33:9). ’’Dalam Firman itu ada hidup dan hidup itulah terang manusia” (Yoh. 1:5). Dan "hidup yang kekal” (= hidup sepenuh- penuhnya) diberi kepada setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus (Yoh. 3:16, 36).

Higayon Petunjuk bagi yang memain­kan alat musik (Mzm. 9:17).

Hin Ukuran isi sebesar 1/6 bat = kurang lebih 6 liter.

Hisop Tumbuh-tumbuhan yang kecil yang batang dan daunnya dapat dipergu­nakan untuk memercikkan barang cair (Kel. 12:22; Bil. 19:18; Mzm. 51:9; Yoh. 19:29).

Homer Ukuran isi sebesar 10 efa = ku­rang lebih 360 liter. Homer sama besar dengan kor.

Hujat Dosa karena menyinggung atau menyangkal Nama Tuhan. Yesus ditu­duh menghujat Allah, karena Ia me­nyebut diri-Nya Kristus, yakni Mesias (Mat. 26:63-65).

Iblis Si jahat yang melawan Allah serta rencana keselamatan-Nya. Juga disebut: ’’yang jahat” (mis. Mat. 6:13). Kata asli dalam bahasa Ibrani dan Yunani berarti: pendakwa (bd. Ayb. 1). Ia adalah ’’pem­bunuh manusia sejak semula ... di dalam dia tidak ada kebenaran dan ia adalah pendusta dan bapa segala dusta” (Yoh. 8:44). Pada akhir zaman kuasanya akan meningkat (Wahyu 12), tetapi akhirnya ia akan dikalahkan oleh kuasa firman Allah (Wahyu 19:11-20:6), bd. juga Setan.

Ibu suri Ibu raja Israel, janda ayah­nya, mempunyai kewibawaan yang be­sar (mis. IRaj. 15:13; 2Raj. 11:1 dst.; Yer. 13:18).

Imam Suatu jabatan dalam umat Israel yang penting peranannya. Tugasnya: mempersembahkan korban, mengadakan doa syafaat dan memberi berkat.

Imam Agung atau Imam Besar Harun dan keturunannya, dan kemudian Zadok (IRaj. 2) memegang jabatan utama dalam kebaktian korban di Israel. Dalam Perjanjian Baru Imam Agung adalah imam Yahudi yang paling tinggi ke­dudukannya. Ia mengetuai Mahkamah Agama untuk masa jabatan satu tahun. Sekali setahun ia memasuki tempat maha kudus dari Bait Allah untuk mem­persembahkan korban pendamaian un­tuk dosa seluruh umat. Kristus adalah imam Besar yang ’’satu kali untuk se­lama-lamanya mempersembahkan diri-
Nya sendiri sebagai korban untuk umat- Nya” (Ibr. 7:27).

Imam-imam kepala Para anggota bebe­rapa keluarga tertentu yang merupakan golongan terutama dalam Mahkamah Agama. Dari antara mereka dapat ditun­juk Imam Agung.

Injil Kata Yunani euaggelion berarti: kabar gembira, berita baik. Kedatangan Yesus Kristus dan mulainya pemerin­tahan Allah di dunia ini merupakan inti Injil yang harus diberitakan ke mana- mana (bd. Mat. 24:14). Kemudian tu­lisan-tulisan rasul-raspl yang membu­kukan kesaksian tentang diri Yesus Kristus disebut juga: kitab-kitab Injil.

Isai Ayah Daud. ’’Akarlsai” (bd. Yes. 11:1, 10) adalah gelar untuk Mesias, artinya: ’’taruk dari akar Isai (atau: Daud)”, yaitu keturunan Daud yang akan memerin­tah untuk selama-lamanya (bd. 2Sam. 7; Rm. 15:2).

Jalan Tuhan Kehendak Tuhan yang ha­rus dipatuhi umat-Nya. Yesus Kristus ada­lah jalan (Yoh. 14:6). ’’Jalan Tuhan” da­lam Kisah para Rasul adalah sebutan untuk jemaat yang dapat diartikan seba­gai ajaran dan cara hidup orang Kristen.

Jemaat Persekutuan orang-orang yang percaya kepada Yesus Kristus, baik yang di satu tempat maupun keseluruhan per­sekutuan Kristen. Juga disebut Tubuh Kristus yang didiami Roh Kudus. Yuna­ninya ekklesia berarti perkumpulan orang-orang yang dipanggil dan dipilih Tuhan. Pada zaman Paulus banyak je­maat dipimpin oleh para penatua dan diaken, sedang kadang-kadang terdapat juga seorang penilik jemaat.

Kab Ukuran isi yang sebesar kurang lebih 2 liter (2Raj. 6:25).

Kaisar Sejak Agustus, raja atau kepala pemerintah Roma diberi gelar Kaisar. Yang menjadi Kaisar pada zaman Perjan­jian Baru berturut-turut ialah: Agustus (31 Seb. Mas. - 14 Ses. Mas., bd. Luk. 2:1), Tiberius (14-37 Ses. Mas., bd. Luk. 3:1), Kaligula (37-41), Klaudius (41-54, bd. Kis. 11:28; 18:2), Nero (54-68), mungkin dialah yang disindir dengan angka 666 dalam Wahyu 13:18), Vespa- sianus (69-79) dan Titus (79-81) yang pada tahun 70 memusnahkan kota Ye­rusalem. Beberapa di antara mereka di­sembah seperti dewa dan juruselamat dan diberi gelar kehormatan Kurios = Tuhan.
Kamos Dewa utama sembahan bangsa Moab.
Keadilan lihat Kebenaran.
Kebenaran (bd. Benar) Kebenaran Allah ialah usaha-Nya untuk membenarkan dan menyelamatkan orang-orang ber­dosa, sehingga mereka menjadi orang- orang yang benar, artinya berada dalam hubungan yang seharusnya dengan Allah.

Kebun anggur Tempat tumbuh pohon- pohon anggur. Dalam Perjanjian Lama Israel diumpamakan dengan kebun ang­gur Tuhan (Yes. 5:1-7). Dan dalam per- umpamaan-perumpamaan Tuhan Yesus Kerajaan Allah dibandingkan dengan kebun anggur (mis. Mat. 21:43).

Kerajaan Allah Pemerintahan Allah se­bagai Raja yang hendak dilaksanakan di sorga maupun di bumi. Dengan keda­tangan Yesus Kristus Kerajaan Allah su­dah dekat (Mat. 4:17), bahkan berada ”di antara kamu” (Luk. 17:21). Ia membe­ritakan ’Injil Kerajaan Allah” (mis. Luk. 4:43). Demikian pula para murid-Nya (Luk. 9:2). Khususnya dalam Injil Matius terdapat ’Kerajaan Sorga” yang searti dengan ’Kerajaan Allah".

Kerub (jamak: Kerubim) Makhluk sor- gawi yang bersayap. Mereka menjaga Firdaus (Kej. 3:24); mendukung kenda­raan takhta kemuliaan Tuhan (Yeh. 9:3; 10:1). Di atas tutup pendamaian tabut perjanjian Allah terdapat dua kerub (Kel. 25: 18-20). Karena itu timbullah sebutan Tuhan ’’yang bersemayam di atas para kerub” (ISam. 4:4 dll., bd. Kel. 25:22).

Kesita Mata uang yang nilainya kita tidak tahu (Kej. 33:19; Yos. 24:32; Ayb. 42:11).

Kineret lihat Galilea.

Kislew lihat Bulan.

Kitab Suci Dalam Perjanjian Baru ka­dang-kadang dipakai istilah ’Kitab Suci” dalam arti: tulisan-tulisan kudus yang telah dikumpulkan, jadi = Perjanjian Lama. Juga dipakai: ’Taurat (Musa) dan kitab-kitab para nabi” atau ’’Alkitab” (mis. Luk. 24:27, 44).

Kitim Mula-mula bangsa Siprus, kemudi­an semua bangsa pelaut di bagian timur Laut Tengah, akhirnya khusus orang- orang Romawi (Dan. 11:30).

Kor Ukuran isi untuk barang cair yang sebesar 10 bat = kurang lebih 360 liter. Kor sama besar dengan homer.

Korban Persembahan kepada Allah un­tuk memuliakan Dia (korban sajian dan korban minuman), untuk memelihara persekutuan dengan Dia (korban ba­karan, korban keselamatan dan korban pujian), untuk menebus dosa dan kesa­lahan (korban penghapus dosa, korban penebus salah). Pada waktu pentahbisan imam ada persembahan unjukan dan persembahan khusus. Demikianlah ke­adaan di Israel (bd. Im. 1-7; Kel. 29: 24-28). Yesus Kristus mengorbankan di- ri-Nya sekali untuk selamanya sebagai korban penebus dosa. Jemaat Kristen dianjurkan untuk berkorban atas dasar perbuatan Yesus itu (Rm. 12:1), khusus­nya mempersembahkan korban pujian (Ibr. 13:15).

Kota Daud Bagian tenggara dari Yeru­salem. Bagian itu direbut Daud dari pen­duduk aslinya dan dibuatnya ibukota Israel (2Sam. 5).

Kreti dan Pleti Pasukan pengawal Daud (a.l. 2Sam. 8:18, IRaj. 1:38). Mungkin sekali mereka berasal dari bangsa Filistin (= Peleti).

Kristus Terjemahan Yunani dari kata Ibrani Masyiakh atau Mesias (Al-masih), artinya: ’’yang diurapi oleh Tuhan”. Yesus disebut Kristus karena Dialah yang dipi­lih Allah menjadi Penyelamat dan Tuhan. Akhirnya Kristus juga menjadi nama diri untuk Yesus.

Kudus Allah adalah kudus, artinya Ia be­bas terhadap dunia. Ia menguduskan ma­nusia, artinya memilih mereka sehingga menjadi milik-Nya. Orang-orang kudus ialah orang-orang yang dikuduskan oleh Roh Kudus, sehingga mereka tidak lagi ’’dari dunia ini” (Yoh. 17:14-19). Dalam surat-surat rasul Paulus ’’orang-orang ku­dus” berarti: orang-orang Kristen.

Kusta Penyakit kulit yang dapat mem­bawa maut. Para penderita penyakit kusta diasingkan dari masyarakat. Pen- tahiran mereka oleh Yesus adalah tan­da bahwa Kerajaan Sorga sudah dekat (Mat. 10:7-8).

Laut Asin Yaitu Laut Mati. Juga disebut Laut Araba atau Laut Timur.
Lewi Orang-orang Lewi (anggota suku Lewi) mempunyai tugas khusus dalam menyelenggarakan ibadah di Bait Suci.

Lewiatan Semacam naga atau buaya purbakala yang melambangkan ancaman dan kuasa laut (bd. Rahab).

Log Ukuran isi sebesar 1/72 bat = ku­rang lebih 1/2 liter.

Majus Ahli-ahli nujum yang berasal dari Timur, mungkin Babel (Mat. 2:1).

Mahkamah Agama Badan keagamaan umat Yahudi yang tertinggi. Terdiri dari 70 orang anggota (para imam kepala, ahli-ahli Taurat dan tua-tua Yahudi), di bawah pimpinan Imam Besar. Mahka­mah ini mempunyai kewibawaan penuh di bidang agama.

Mamon Harta benda dan kekayaan di­bayangkan sebagai oknum (yang jahat) Mat. 6:24; Luk. 16:9.

Manna Makanan yang diberikan kepada orang Israel selama di padang belantara (Kel. 16:14-21).

Melkisedek Seorang raja dari Salem (= Yerusalem). Namanya berarti ’’raja keadilan”. Dialah imam Allah yang Ma- hatinggi, yang pernah memberkati Abra- ham (Kej. 14:18-20). Raja Israel disebut ’’imam menurut peraturan Melkisedek” (Mzm. 110:4). Gelar itu diterapkan ke­pada Yesus Kristus sehingga Ia menja­di Imam yang lebih tinggi dari pada Lewi atau Harun (Ibr. 7).

Mesias lihat Kristus.

Mikhael Malaikat pelindung umat Allah (Dan. 10:13; Yud. 9; Why. 12:7).

Miktam Semacam nyanyian (Mzm. 16; 56-60).

Mil Mil Romawi kurang lebih 11/2 kilo­meter.

Milkom Dewa utama sembahan bani Amon (artinya: Raja).

Milo Benteng di Yerusalem, dalam bagi­an kuno (= kota Daud).

Mina Ukuran timbangan sebesar 50 syikal = kurang lebih 570 gram. Dalam zaman Perjanjian Baru mina adalah mata uang yang seharga 100 dinar (upah pe­kerja harian dalam 100 hari).

Molokh Dewa sembahan bani Amon (bd. Milkom) yang kepadanya dipersembah­kan anak-anak sebagai korban, juga di Yerusalem (2Raj. 23:10; bd. Kis. 7:43).
Moses lihat Musa.

Mujizat Sering menyertai karya penyela­matan Allah kepada Israel. Khususnya: tanda-tanda ajaib dan mujizat-mujizat dan perbuatan-perbuatan kuasa (seperti penyembuhan, pemberian makanan dll.) yang dilakukan oleh Yesus dan para ra- sul-Nya sebagai tanda bahwa Kerajaan Allah sudah dekat.

Mur Damar yang harum baunya, yang dipakai untuk persembahan (Mat. 2:11), sebagai obat (Mrk. 15:23) dan dalam mempersiapkan jenazah orang untuk pe­nguburan (Yoh. 19:39).

Murid Dikatakan tentang pengikut se­orang pemimpin atau pengajar, seperti Yohanes Pembaptis dan orang Farisi (Mrk. 2:18). Khususnya dimaksudkan para pengikut Tuhan Yesus: mula-mula dua belas orang, kemudian semua orang Kristen. Sekalian bangsa harus dijadikan murid Yesus (Mat. 28:19).

Musa Orang yang memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir dan seterusnya sampai perbatasan tanah Kanaan. Dialah yang menyampaikan Hukum Taurat yang diterimanya langsung dari Tuhan Allah.
Nabi Seorang hamba Tuhan yang dipang­gil untuk menyampaikan Firman Allah kepada manusia. Khususnya para nabi Israel yang bertindak selaku pembicara atas nama Allah (seperti Musa, Elia, Amos, Yesaya dll.). Seringkali mereka ha­rus menentang raja atau rakyat Israel sendiri yang telah menyimpang dari ke­hendak Tuhan. Juga Yohanes Pembaptis (mis. Mat. 11:5) dan Yesus sendiri (mis. Luk. 24:17) disebut nabi. Menurut peng­harapan orang Yahudi akan muncul seo­rang nabi yang bertugas merintis jalan Mesias (UI. 18:15, 18; Yoh. 6:14). Yesus memberitahukan bahwa akan datang nabi-nabi palsu yang mau menyesatkan orang percaya (Mat. 24:11, 24). Dalam Jemaat Purba tampil beberapa nabi (Kis. 13:1; IKor. 12:28-29; Ef. 4:11).

Narwastu Sejenis bau-bauan yang dibuat dari akar serai wangi (Kid. 1:12; 4:13-14; Mrk. 14:3; Yoh. 12:3).


Nazaret Kota asal Yesus, yang terletak di Galilea (Luk. 2:4). Berhubung dengan itu Ia disebut "Yesus dari Nazaret” atau ’Yesus orang Nazaret” (mis. Mrk. 1:24). Orang-orang Kristen pertama juga dise­but: ’’Orang-orang Nasrani” (Kis. 24:5).

Nazir Orang yang membaktikan diri un­tuk pelayanan kepada Tuhan, kadang- kadang untuk sementara waktu, kadang- kadang untuk seumur hidup. Ia tidak boleh memangkas rambutnya atau memi­num air anggur (mis. Bil. 6; Hak. 13:5).

Nebukadnezar Raja Babel (tahun 604- 562 Seb. Mas.) yang pada tahun 586 merebut kota Yerusalem, memusnahkan Bait Allah dan menyingkirkan sebagian pendukungnya ke Babel (= pembuangan).

Negeb Tanah Negeb ialah daerah selatan dari tanah Kanaan: sebelah selatan dari pegunungan Yehuda dan sebelah barat dari Laut Mati.

Nenek moyang Para bapa leluhur bangsa Israel, khususnya Abraham, Ishak dan Yakub. Allah mengikat perjanjian dengan mereka dan keturunan mereka.

Neraka Tempat siksaan untuk orang- orang mati, yang semasa hidupnya tidak mematuhi panggilan Yesus untuk mene­rima Kerajaan Allah.

Ofel Bagian bukit timur di Yerusalem, antara Sion (kota Daud) dan Bait Suci.

Paskah lihat Hari Raya Paskah.

Paulus Rasul Yesus Kristus yang dahulu bernama Saulus (Kis. 7:58). Ia termasuk golongan Farisi dan turut menganiaya jemaat Kristen. Ia bertobat dan dipanggil menjadi rasul, khususnya di tengah-te­ngah bangsa-bangsa bukan Yahudi (Kis. 9; Gal. 1:13-16). la melakukan peijalan- an-petjalanan untuk menyebarkan Injil dan mendirikan jemaat-jemaat. Untuk memelihara jemaat-jemaat itu ia menulis surat-suratnya.

Pembaptisan Upacara agama yang mem­pergunakan air. Istilah ini berasal dari kata Yunani yang secara harfiah berarti menyelamkan atau mencuci dengan air. Di antara orang Yahudi pada abad per­tama, baptisan terutama berarti upacara tanda masuk ke dalam suatu kelompok atau persekutuan tertentu, atau upacara pembersihan dari dosa. Yohanes Pem­baptis mengadakan baptisan sebagai tanda pertobatan dan pengampunan do­sa. Di antara orang Kristen yang pertama, baptisan orang percaya merupakan upa­cara agama yang berarti pengampunan dosa dan penerimaan Roh Kudus (Kis. 2:38). Paulus menerangkan bahwa bap­tisan menandakan orang percaya bersatu dengan Yesus Kristus dalam kehidupan, kematian, dan kebangkitan-Nya (Roma 6:3-8), dan merupakan tanda bahwa se­seorang menjadi anggota umat Allah.


Pemungut cukai Petugas-petugas yang diserahi pemungutan bea dan cukai un­tuk pemerintah penjajah (Roma). Sering­kali mereka itu memeras rakyat untuk menguntungkan diri, sehingga mereka disebut bersama dengan orang berdosa (mis. Mat. 9:10).

Penatua Dalam Kisah para Rasul dan surat-surat para rasul, penatua-penatua (kadang-kadang juga disebut: tua-tua jemaat) merupakan para pemimpin yang bertanggung jawab atas kehidupan je­maat. Tugas mereka ialah ’’menggem­balakan kawanan domba Allah ... sebagai teladan bagi kawanan domba itu”, da­lam tanggung jawab kepada ’’Gembala Agung” (lPtr. 5:1-4).

Pendatang Orang asing yang hanya untuk sementara waktu tinggal di tanah Kanaan (mis. Kel. 12:45; Bil. 35:15).

Penebusan Hak dan kewajiban kaum keluarga untuk membeli kembali sebi­dang tanah yang telah dijual oleh seorang anggota keluarga itu karena utangnya (Im. 25:25; Rut 3:9, 12; 4:1) atau mem­beli kembali seorang anggota keluarga yang telah menjual diri menjadi budak (Im. 25:47-55). Pekerjaan Allah dalam melepaskan umat-Nya Israel dari per­budakan di Mesir (Kel. 6:5; UI. 7:8). De­mikianlah Yesus Kristus datang untuk ’’memberikan nyawa-Nya menjadi te­busan bagi banyak orang” (Mrk. 10:45).

Penganut agama Orang-orang bukan Yahudi yang masuk agama Yahudi. Mere­ka itu disunat dan dibaptis sebagai tanda pencucian dari dosa dan menerima ”kuk” hukum Taurat Musa. Pada zaman Yesus para pemimpin umat Yahudi sangat giat dalam usaha membuat orang lain menja­di penganut agama mereka (Mat. 23:15). Dari mereka ada banyak yang kemudian menerima Injil Kristus (Kis. 2:11; 13:43).

Penguasa Bersama-sama dengan pe­merintah-pemerintah dan kekuasaan- kekuasaan dan kerajaan-kerajaan dan singgasana-singgasana, maka penguasa- penguasa disebut sebagai penyataan "kerajaan angkasa” (Ef. 2:2), ’’penghulu- penghulu dunia yang gelap ini” (Ef. 6:12). Karena kebangkitan-Nya Kristus ditempatkan di atas segala penguasa itu (Ef. 1:21); Ia adalah kepalanya (Kol. 2:10) yang telah mengalahkannya (Kol. 2:15). Dan jemaat terpanggil untuk mem­beritakan hal itu kepada penguasa- penguasa itu (Ef. 3:10).

Penilik jemaat (Yunani: episkopos)
Gembala-gembala jemaat. Tentang orang-orang yang dalam Kis. 20:17 di­sebut ’’penatua jemaat” dikatakan da­lam ayat 28: ’’Kamu ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggem­balakan jemaat.” Bd. juga ITim. 3:2-5: penilik jemaat harus ’’mengurus jemaat Allah”. Kata uskup berasal dari istilah Yunani episkopos ini. Akhirnya Yesus di­sebut ’’gembala dan penilik jiwamu” (lPtr. 2:25).

Pentakosta lihat Hari Raya Pentakosta.

Perjanjian Persetujuan yang dibuat Al­lah dengan Abraham dahulu (Kej. 17:1-8) dan kemudian dengan umat Israel (UI. 29:10-15) dan yang disertai janji-janji dari pihak Allah dan yang menuntut ke­setiaan dari pihak manusia. Penumpahan darah Kristus di Golgota membaharui perjanjian Allah itu (Luk. 14:20; IKor. 11:25, bd. Yer. 31:31). Ialah ’Pengantara perjanjian baru” (Ibr. 9:15; 12:24). Rasul Paulus menjadi pelayan dari perjanjian baru, yaitu pelayanan Roh (2Kor. 3:6-8).

Perkamen Kulit binatang (sapi atau domba) yang dulu dipergunakan sebagai bahan tulisan.

Permandian lihat Pembaptisan.

Persembahan khusus lihat Korban.

Pertobatan Pembaharuan hidup sehing­ga kembali kepada Tuhan. Perubahan total sehingga yang lama ditinggalkan. Pemberitaan Yesus yang pertama berbu­nyi: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!” (Mat. 4:17).

Perumpamaan Ceritera-ceritera yang bermaksud menjelaskan hal-hal yang ter­sembunyi; khususnya ceritera-ceritera yang mengandung hal-hal yang nyata da­lam kehidupan manusia yang dipakai Tu­han Yesus untuk menerangkan Kerajaan Allah dan rahasianya (Mat. 13:11).

Peser Mata uang tembaga Yahudi yang paling kecil, sama dengan setengah duit.

Petrus Simon, bersama dengan saudara­nya Andreas termasuk murid-murid Yesus yang pertama (Mat. 4:17). Setelah ia mengakui Yesus sebagai Mesias, ia di­sebut Petrus: ”dan di atas batu karang (Yunani: petra) ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku” (Mat. 16:16-18). Bd. juga Yoh. 1:42 di mana dipakai nama Aram, yaitu Kefas yang searti dengan Petrus (orang batu karang). Ia menyangkal Ye­sus pada saat-saat pengadilan-Nya, tetapi kemudian diangkat Yesus menjadi gem­bala kawanan domba Tuhan (Yoh. 21). Ia menjadi sokoguru jemaat Yerusalem, bersama dengan Yakobus dan Yohanes (Gal. 2:9, Kis. 15:7-11), dan menjadi ke­pala pekabaran Injil kepada orang-orang Yahudi (Gal. 2:7). Menurut tradisi ia mati sebagai martir (syahid) di Roma.
Piala lihat Cawan.

Pilatus Pontius Pilatus memangku jabat­an gubernur Romawi atas Yudea, Sama- ria dan Idumea, tahun 26-36 Ses. Mas. Ia memegang peranan pokok dalam penga­dilan Yesus (Mrk. 15:1-15).

Pondok Daun lihat Hari Raya Pondok Daun.

Rabi Kata Ibrani yang berarti guru atau guruku. Sebagai bentuk sapaan terhadap para ahli Taurat dan Farisi. Juga Rabuni (Mrk. 10:51; Yoh. 2:16) sama artinya.
Raja wilayah Penguasa atas daerah yang kecil a.l. Herodes Antipas atas Galilea (Mat. 14:1; Luk. 3:1; Kis. 13:1).

Rahab Semacam naga purbakala yang melambangkan kekuasaan laut, kadang- kadang pula Mesir (bd. Lewiatan).

Rahasia (Misteri) Rencana keselamatan dunia yang baru disingkapkan dengan ke­datangan Yesus Kristus. Dalam pemberi­taan Injil rahasia itu dinyatakan oleh Roh Kudus (mis. Rm. 16:25; Kol. 1:26-27).

Rasul (Yunani: apostolos) Artinya: utusan Allah. Khususnya kedua belas murid Yesus yang diutus-Nya untuk turut melakukan pekeijaan-Nya (Mat. 10:1-2), tetapi juga orang-orang lain yang dipanggil untuk memberitakan Injil (Rm. 16:7), teristimewa Paulus, rasul untuk bangsa-bangsa bukan Yahudi (Rm. 11:13).

Roh-roh jahat Kuasa-kuasa yang dapat menguasai, memasuki dan mempenga­ruhi seorang sehingga ia melakukan dosa atau jatuh sakit. Yesus dan murid-murid- Nya mempunyai kuasa untuk mengusir roh-roh jahat dari orang yang kerasukan itu. Bd. juga setan.

Roh Kudus Oleh Roh dan Firman-Nya Al­lah menciptakan langit dan bumi dan memberi nafas kepada manusia (Kej. 1:2; 2:7; Mzm. 33:6; 104:23). Roh Allah juga menggerakkan orang-orang tertentu: ha­kim-hakim, raja-raja, nabi-nabi. Dalam Perjanjian Baru seringkali disebut: Roh Kudus atau Roh Allah atau Roh Yesus (Kis. 16:7) atau Roh Anak Allah (Gal. 4:6) ialah pelaksana kehendak Allah di bumi. Ia sebagai Penghibur (Penolong) me­lanjutkan dan menterapkan karya Ke­selamatan Yesus (a.l. Yoh. 14:16). Dialah dinamik pekabaran Injil (Kis. 1:8). Ia memberikan kesaksian Allah dalam hati orang-orang percaya bahwa mereka anak-anak Allah (Rm. 8:15-16).

Roma Ibukota kekaisaran Romawi. Pusat kekuasaan politik pada zaman permulaan gereja Kristen. Ke sana juga Injil dibawa. Akhirnya Paulus sampai di sana, dan mungkin sekali mati syahid dalam penga­niayaan oleh Kaisar Nero terhadap orang Kristen. Surat kepada jemaat di Roma di­tulis Paulus sekitar tahun 58 di Korintus.

Rumah ibadat (Yunani: sinagoga) Tem­pat orang Yahudi berkumpul untuk beribadah pada hari Sabat. Juga dipakai sebagai balai pertemuan dan sekolah.

Sabat Hari ketujuh, hari istirahat untuk orang Israel, berdasarkan Kel. 20:8-11. Juga disebut tanda perjanjian Tuhan (Kel. 31:12-17).

Saduki Suatu golongan pemimpin aga­ma Yahudi, yang sebagian besar terdiri dari imam-imam. Mereka mendasarkan pengajarannya pada kelima kitab Musa dan menolak segala adat istiadat yang ditambahkan kemudian. Mereka tidak percaya kepada kebangkitan dan adanya malaikat. Terhadap kebudayaan Yunani golongan ini sangat terbuka.

Saksi Orang-orang beriman yang mem­beri kesaksian tentang Injil Yesus Kristus, khususnya tentang kebangkitan-Nya (Kis. 2:32; 4:33). Wibawa saksi terjamin oleh Roh Kudus (Kis. 1:8; 5:32).

Samaria Ibukota kerajaan Israel Utara sejak raja Omri (IRaj. 16:24). Pada tahun 722 Seb. Mas. direbut tentara Asyur (2Raj. 17:5). Penduduknya dicampur de­ngan bangsa-bangsa lain, sehingga juga agama dicampur (2Raj. 17:24-41). Da­lam Perjanjian Baru Samaria adalah dae­rah di antara Galilea (Utara) dan Yudea (Selatan). Penduduknya dibenci oleh orang-orang Yahudi karena perbedaan agama dan kebiasaan.

Sangkakala Dibuat dari tanduk domba jantan, dipakai dalam persiapan perang dan dalam ibadah.

Saulus lihat Paulus.

Sela Petunjuk musik dalam kitab Maz­mur. Barangkali artinya: pause, istira­hat.

Seraf Makhluk-makhluk sorgawi yang berada di sekeliling takhta Allah (Yes. 6).

Setan Juga dipakai dalam bentuk jamak. Kuasa jahat yang dapat merasuki orang sehingga ia menjadi sakit. Beelzebul atau Iblis dianggap sebagai penghulu se­tan (Mat. 9:34; 12:24). Yesus dan murid- murid-Nya mempunyai kuasa untuk mengusir setan-setan sehingga orang yang tadinya kerasukan setan sembuh kembali. Bd. juga Roh-roh jahat.

Sidon Kota utama di daerah pesisir Feni- sia, di sebelah utara Palestina. Sering di­sebut serentak dengan Tirus.

Simon lihat Petrus.

Sion Mula-mula bagian selatan dari bukit Timur yang direbut Daud (= kota Daud, 2Sam. 5:7). Di sebelah utaranya kemu­dian Salomo membangun Bait Allah, se­hingga di kemudian hari seluruh daerah itu dinamai Sion. Akhirnya Sion menjadi searti dengan Yerusalem. "Puteri Sion” berarti: para penduduk Yerusalem.
Siwan lihat Bulan.

Stadia Satuan ukuran panjang, kurang lebih 200 meter.

Syebat lihat Bulan.

Syikal Ukuran timbangan sebesar 11,4 gram. Biasanya dipakai untuk ukuran jumlah uang. ’’Syikal kudus” ialah syikal (timbangan) yang utuh, yang disim­pan di dalam Kemah Suci (Kel. 30:13).

Skit Suatu bangsa biadab dari daerah Laut Hitam. Nama Skit dipakai searti dengan Barbar dalam Kol. 3:11.

Sukat Ukuran isi sebesar kurang lebih 12 liter.

Sunat Tanda, bahwa seorang sudah ter­hisab dalam perjanjian dengan Allah. Dilakukan pada tubuh setiap anak laki- laki di Israel pada umur delapan hari (Kej. 17:9-14). ’’Orang-orang yang tidak bersunat” berarti: bangsa-bangsa bukan Israel (mis. Gal. 2:7).

Tabut Tabut perjanjian Tuhan ialah peti kayu yang melambangkan kehadiran Allah di tengah-tengah umat-Nya, khu­susnya di dalam perang (mis. ISam. 4). Peti itu juga berisikan kedua loh batu yang ditulisi kesepuluh hukum. Di atas tabut itu terdapat tutup pendamaian (Kel. 25:10-22; Ibr. 9:4-5). Daud memin­dahkan tabut itu ke Yerusalem, dan ke­mudian ditempatkan dalam Bait Allah (2Sam. 6; IRaj. 8).

Tahun Sabat Setiap tahun ketujuh bi­lamana ladang dan kebun anggur tidak ditanami dan segala utang dihapuskan (Im. 25:1-7; UI. 15:1).

Takut kepada Allah Golongan orang- orang bukan Israel yang menyembah Allah dan berbakti di dalam rumah ibadat, tetapi yang tidak disunat (mis. Kis. 10:2; 13:43; 17:4).

Talenta Ukuran timbangan sebesar 3000 syikal = kurang lebih 34 kilogram. Dalam Perjanjian Baru ukuran jumlah uang yang sangat besar nilainya, yaitu 6000 dinar (Mat. 18:24; 25:15-28).

Tanda Sesuatu yang mempunyai arti khas atau menandakan karya penyela­matan Allah terhadap Israel. Misalnya: hari Sabat atau Sunat sebagai tanda Perjanjian. Yesus dan kemudian para rasul-Nya melakukan perbuatan-per­buatan ajaib yang menandakan bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. Sering di­sebut bersama dengan mujizat.

Tanduk Seringkah dipakai sebagai lam­bang kekuatan, mis. ISam. 2:1.

Taurat Kata Ibrani Torah sebenarnya berarti: pengajaran oleh Allah. Diterap­kan pada Kesepuluh Hukum, kemudian pada segala hukum dan peraturan dari Tuhan, khususnya pada kelima kitab Musa atau kitab Taurat.

Tebet lihat Bulan.

Terafim Patung berhala, khusus dewa keluarga (Kej. 31:19). Dilarang di Israel (ISam. 15:23; Hos. 3:4).

Tiang berhala lihat Asyera.

Tiberias Kota di pantai barat dari danau Galilea atau danau Tiberias. Kota itu di­bangun oleh Herodes Antipas, dan dina­mai Tiberias untuk menghormati Kaisar Tiberius.

Tiberius lihat Kaisar.

Tirus Kota dagang penting yang terletak di sebuah pulau di muka pesisir Fenisia, sebelah utara Palestina. Sering disebut bersama dengan Sidon.

Tofet Tempat penyembahan dewa Mo- lokh di lembah Hinom dekat Yerusalem (2Raj. 23:10; Yer. 7:31-32).

Tongkat pengukur Ukuran panjang se­besar tujuh hasta = 315 cm (Yeh. 40:5 dst.).

Tua-tua
1.   Orang-orang tua-tua Yahudi yaitu pemimpin agama Yahudi. Beberapa di antara mereka itu masuk anggota Mahkamah Agama.
2.   lihat Penatua.
3.   Dalam kitab Wahyu disebut ada dua puluh empat orang tua-tua sekeliling takhta Allah di sorga. Mereka itu me­wakili umat Tuhan (Why. 4:4, 10; 5:5 dst.).

Tubuh Kristus Sebutan untuk jemaat Yesus Kristus yang merupakan kesatuan. Dalam tubuh Kristus yang satu itu diam satu Roh (Ef. 1:23; 4:4). Kristus adalah kepala tubuh-Nya (Kol. 1:18).

Tugu berhala Batu tegak yang melam­bangkan Baal (bd. Bukit pengorbanan).

TUHAN Salinan dari nama Allah Israel, yaitu Yahweh (bd. Kel. 3:14).

TUHAN semesta alam Sebutan Allah Israel yang mengutamakan kekuasaan- Nya atas langit dan bumi dan atas segala kekuatan duniawi (Ibrani: Zebaoth ber­arti: tentara).

Unsur-unsur dunia Kata Yunani sebe­narnya berarti: abjad, jadi pokok atau unsur pertama. Kemudian dikatakan ten­tang kuasa-kuasa yang memelihara dunia ini. Tetapi oleh kedatangan Kristus ter­nyata bahwa unsur-unsur atau roh-roh dunia ini lemah dan miskin (Gal. 4:9), namun memperhambakan manusia (Gal. 4:3). Orang-orang Kristen bersama Kris­tus sudah mati dan bebas, dari pengaruh roh-roh dunia itu (Kol. 2:20).

Urim dan Tumim Dua batu undian yang ada dalam tutup dada pernyataan kepu- tusan pada baju efod yang dipakai imam (Kel. 28:30). Dipergunakan untuk men­cari tahu kehendak Allah (Bil. 27:21; ISam. 14:41; 28:6).

Yakhin dan Boas Nama kedua tiang tembaga di muka pintu Bait Allah di Yerusalem. Namanya berarti: ’’semoga (Tuhan) meneguhkan” dan ”kuat (oleh Tuhan)”, a.l. IRaj. 7:21.

Yedutun Dalam petunjuk musik bebe­rapa Mazmur (39:1; 62:1; 77:1) disebut nama seorang pemimpin biduan pada zaman Daud (bd. ITaw. 25:1; 2Taw. 5:12).

Yerusalem Sejak zaman raja Daud men­jadi ibukota kerajaan Israel. Dalam kitab para nabi Yerusalem atau Sion meru­pakan pusat pengharapan untuk Israel dan segala bangsa lain (bd. Yes. 2:1-5). Pada zaman Yesus Yerusalem adalah kota pemerintahan gubernur Romawi. Pada tahun 70 Ses. Mas. kota Yerusalem di­musnahkan oleh tentara Romawi di ba­wah pimpinan jenderal Titus.

Yesyurun Nama kuno untuk Yakub atau Israel. Artinya: yang benar (UI. 32:15; 33:5, 26; Yes. 44:2).

Yohanes Pembaptis Anak imam Zakha- ria dan Elisabet (Luk. 1). Ia melakukan baptisan sebagai tanda pertobatan dan pengampunan dosa (Luk. 3:3). Ialah pe­rintis jalan untuk Yesus ”yang akan mem­baptis dengan Roh Kudus dan dengan api” (Luk. 3:16). Ia kemudian dipenjara­kan dan dibunuh oleh Herodes, sebab ia menegor Herodes tentang kelakuannya yang tidak baik (Luk. 3:19-20; 9:9; Mat. 14:1-12). Rupa-rupanya beberapa murid­nya merupakan golongan tersendiri yang tersebar ke mana-mana. Dari mereka ada juga yang dibaptis dan menjadi pengikut Kristus (Kis. 18:25; 19:3).

Yunani Sejak zaman Aleksander Agung (abad ke-4 Seb. Mas, bd. Dan. 8:5-8, 21; 11:3-4) kebudayaan dan bahasa Yunani sangat meluas di daerah sekitar Laut
Tengah. Dalam bahasa itulah Perjanjian Baru ditulis. Terutama orang-orang Ya­hudi di luar Palestina turut memakai ba­hasa Yunani (mis. Kis. 6:1). Dalam Kisah para Rasul dan surat-surat Paulus istilah ’Yunani” sering dipakai searti dengan bu­kan Yahudi (mis. Kis. 21:28; IKor. 12:13; Gal. 3:28).
Zebaoth lihat TUHAN semesta alam.
Zelot Golongan orang-orang Yahudi yang mati-matian menentang kuasa pen­jajah Romawi, sering berupa gerakan di bawah tanah. Nama itu berarti: orang yang giat berjuang-untuk kebebasan politik. Seorang bekas anggota pasukan semacam itu, bernama Simon, menjadi murid Tuhan (Luk. 6:15; Kis. 1:13).

Zinah Seringkah dipakai secara kiasan dalam arti: penyembahan berhala, keti- daksetiaan dan murtad terhadap Allah Israel, khususnya dalam kitab Yehezkiel dan Hosea.
Ziw lihat Bulan.


SELAMAT MEMASUKI PEMBACAAN ALKITAB

Kontak: Oscar (Ane Djara)
Whatsapp: 0811384182
Facebook: www.facebook.com/anedjara/

Referensi: Buku Alkitab, Terbitan Lembaga Alkitab Indonesia, LAI 1974

Download versi PDF: Kamus Buku Alkitab

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru PAUD yang menginspirasi dari Kecamatan Kahaungu Eti, Kabupaten Sumba Timur

  anedjara.com - Ata Milla Meha, S.Pd. adalah seorang PAUD di Kabupaten Sumba Timur yang menginspirasi banyak orang sampai pada tingkat nasional. Profil yang bersangkutan pernah dipublikasi dalam kegiatan Konas Gereja dan Pendidikan Kristen di Indonesia yang diselenggaran oleh Majelis Pendidikan Kristen bertempat di Grand Empire Palace Hotel, Surabaya. Beliau terpilih menjadi salah satu Guru Pahlawan (berdasarkan kriteria dari Yayasan Trampil Indonesia). Ibu Ata menyelesaikan studi S1 PGPAUD dengan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dari Universitas Terbuka dan disponsori oleh Yayasan Trampil Indonesia dalam kesehariannya, selain sebagai pendidik di PAUD, juga sebagai istri pendeta dan juga petani di daerah yang sulit dijangkau berkaitan dengan akses (jalan).  Ibu Ata Milla Meha menjabat sebagai Kepala Sekolah/Pengelola PAUD di KB Adjarmanu 51 Wairara semenjak PAUD itu didirikan. Satuan Pendidikan tersebut telah memiliki NPSN dan terakreditas B. Mengawal satuan pendidikan untu

Melatih mental Direktur Cilik Aba Djara Ane dalam memasarkan barang dagangan

anedjara.com - Selasa, 25 April 2023 menjadi salah satu momen bersejarah bagi Aba Gladly Djara Ane yang sering disapa Aba . Usianya 6 tahun lebih dan bersekolah di PAUD Adjarmanu 5 Padadita. Ceritanya dimulai dari sini.  Malam saya diajak oleh bundanya Vica ke ATM untuk mengambil uang karna tidak ada lagi uang cash di tangan. Akhirnya saya, Rambu Gita, Aba dan bundanya mencari ATM terdekat dan berhasil menarik uang cash. Selepas dari ATM (dekat Polres Sumba Timur), anak-anak meminta untuk dibelikan sesuatu. Saya menekan pedal gas mobil pickup menuju taman kota Waingapu (ikan lumba-lumba). Di taman tersebut, saya, Rambu Gita dan Aba duduk sambil bermain menikmati malam dan hiruk pikuknya kendaraan. Setelah bundanya selesai belanja donat di Kings Bakery, datang pedagang pisang. Setelah tawar menawar, dibeli 2 sisir. Entah apa yang ada di kepala bundanya Aba, iseng saja bilang ke Aba "Aba berani jual pisang, tidak? . Aba pun merespon "Beraaaniiii" (sambil senyum dan menata