Langsung ke konten utama

Good Plan or God Plan

anedjara.com - KM. Willis, 15 Desember 2023, saya bersama sahabat baik melakukan perjalanan pulang melalui jalur laut. Kami menumpangi KM. Willis dan disaat saya menulis ini, kapal sedang bersandar di pelabuhan Ende dan beberapa saat akan melanjutkan pelayaran ke Waingapu.

Kami berempat dengan inisial Os, Ahas, Jo dan Umbu adalah beberapa dari total peserta yang mengikuti seleksi komisioner KPU Kabupaten Sumba Timur. Proses seleksi ini berlangsung di Kupang. Karena proses panjang, maka beberapa diantara peserta memilih menetap di Kupang, termasuk kami berempat.

Dari kurang lebih 35 yang mendaftar, 5 gugur di seleksi administrasi, 10 orang lagi gugur dalam tes potensi akademik (CAT) dan psikotes. Setelah menyisakan 20 orang, lanjut pada tes kesehatan dan wawancara Timsel. Setelah berproses dan kami menunggu hasil, 10 orang lanjut ke tahapan berikutnya dan 10 orang gugur.

Setiap peserta yang mendaftar dari awal tentu berharap dan berupaya untuk terpilih menjadi komisioner KPU sebanyak 5 orang, tapi harus melalui seleksi. 

Setiap peserta pun berdoa menurut keyakinannya agar Tuhan mengabulkan doanya untuk lulus di semua tahapan. Tentu lulus seleksi merupakan hal yang baik menurut seluruh peserta. Sementara dari sisi lain, Tuhan tentu punya rencana atas ciptaanNya sendiri. Yang baik menurut manusia belum tentu menurutNya.

Pada akhirnya sesuai dengan apa yang dikatakan Bertrand Russell bahwa Ketika kita sudah berani berdoa dan meminta yang terbaik, maka bersiaplah untuk kehilangan yang menurutmu baik.

Sampai pada titik dimana kita akan berada di tempat yang tepat untuk berkarya bagi kemajuan bangsa dan bagi kemuliaanNya.

Akhir kata, selamat berjuang bagi rekan-rekan yang lanjut ke tahapan berikutnya dan kiranya tulisan ini bisa menjadi hal baik bagi pembaca.

Salam 

Komentar

  1. Untuk Segala Sesuatu Ada Waktunya (Penghotbah 3:11, 14)😊😇😇💪💪🙏🙏🙏....TYM

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAMUS BUKU ALKITAB

Abib lihat Bulan. Abraham atau Abram Berasal dari Ur- Kasdim di Mesopotamia Selatan; dipang­gil untuk memasuki tanah Kanaan, di mana Allah mengadakan suatu perjanjian dengan dia. Bersama-sama dengan Ishak dan Yakub ia diakui sebagai nenek mo­yang bangsa Israel (Kej. 12-25). Dalam Perjanjian Baru diakui sebagai bapa "se­mua orang percaya” (Rm. 4:11). Adar lihat Bulan. Agripa Herodes Agripa II, keturunan Herodes Agung, raja di Palestina Utara (Kis. 25:13-26:32), bd. Herodes. Agustus Kaisar Romawi yang memerin­tah dari tahun 27 Seb. Mas. sampai tahun 14 Ses. Mas. (bd. Luk. 2:1). Ahli Taurat Pengajar dan penafsir Per­janjian Lama, khususnya kelima kitab Musa (Taurat atau Pentateukh). Aleluya lihat Haleluya. Alkitab lihat Kitab Suci. Amin Kata Ibrani yang berarti: pasti! sungguh! benar! Anak Allah Israel disebut anak Allah atau anak sulung Allah (Kej. 4:22-23; Hos. 11:1). Demikian juga raja Israel, keturunan Daud (2Sam. 7:14; Mzm. 2:7). Tetapi

Guru PAUD yang menginspirasi dari Kecamatan Kahaungu Eti, Kabupaten Sumba Timur

  anedjara.com - Ata Milla Meha, S.Pd. adalah seorang PAUD di Kabupaten Sumba Timur yang menginspirasi banyak orang sampai pada tingkat nasional. Profil yang bersangkutan pernah dipublikasi dalam kegiatan Konas Gereja dan Pendidikan Kristen di Indonesia yang diselenggaran oleh Majelis Pendidikan Kristen bertempat di Grand Empire Palace Hotel, Surabaya. Beliau terpilih menjadi salah satu Guru Pahlawan (berdasarkan kriteria dari Yayasan Trampil Indonesia). Ibu Ata menyelesaikan studi S1 PGPAUD dengan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dari Universitas Terbuka dan disponsori oleh Yayasan Trampil Indonesia dalam kesehariannya, selain sebagai pendidik di PAUD, juga sebagai istri pendeta dan juga petani di daerah yang sulit dijangkau berkaitan dengan akses (jalan).  Ibu Ata Milla Meha menjabat sebagai Kepala Sekolah/Pengelola PAUD di KB Adjarmanu 51 Wairara semenjak PAUD itu didirikan. Satuan Pendidikan tersebut telah memiliki NPSN dan terakreditas B. Mengawal satuan pendidikan untu

Melatih mental Direktur Cilik Aba Djara Ane dalam memasarkan barang dagangan

anedjara.com - Selasa, 25 April 2023 menjadi salah satu momen bersejarah bagi Aba Gladly Djara Ane yang sering disapa Aba . Usianya 6 tahun lebih dan bersekolah di PAUD Adjarmanu 5 Padadita. Ceritanya dimulai dari sini.  Malam saya diajak oleh bundanya Vica ke ATM untuk mengambil uang karna tidak ada lagi uang cash di tangan. Akhirnya saya, Rambu Gita, Aba dan bundanya mencari ATM terdekat dan berhasil menarik uang cash. Selepas dari ATM (dekat Polres Sumba Timur), anak-anak meminta untuk dibelikan sesuatu. Saya menekan pedal gas mobil pickup menuju taman kota Waingapu (ikan lumba-lumba). Di taman tersebut, saya, Rambu Gita dan Aba duduk sambil bermain menikmati malam dan hiruk pikuknya kendaraan. Setelah bundanya selesai belanja donat di Kings Bakery, datang pedagang pisang. Setelah tawar menawar, dibeli 2 sisir. Entah apa yang ada di kepala bundanya Aba, iseng saja bilang ke Aba "Aba berani jual pisang, tidak? . Aba pun merespon "Beraaaniiii" (sambil senyum dan menata